content'/>

Thursday 12 March 2015

                                   Tiga Landasan Utama Dalam Islam


                                                  
qur"an landasan umat islam

 * Tingkatan pertama islam
     Rukun isalm ada 5 : syahadat laa ilaaha ilolloh wa ana muhammad rosululloh, mendirikan sholst, membyar zakat puasa, menunaikan ibadah haji ke tanah suci mekah.

Adapun dalil syahadat laa ilaaha illolloh adalah :
" Alloh menyatakan tidak ada Robb ( yang berhak disembah ) melainkan Dia yang menegakan keadilan . Para malaikat dan orang orang yang berilmu( juga menyatakan yang demikian itu ). Tidak ada robb( yang berhak disembah ) Melainkan dia yang maha perkasa lagi maha bijaksana . ( QS. Ali Imron : 18 )
  • Maknanya adalah : tidak ada sesembahan yang benar selain Alloh. Kalimat Laa ilaaha Ilolloh adalah nafyu ( peniadaan ), yakni menolak apa yang disembah selain Alloh.Klimat illolloh adalah itsbat ( penetrapan ),yakini menetapkan ibadah hanya kepada Alloh semata,tiada sekutu baginya didalam peribadatan kepadanNya sebagaimana di dalam sekutu baginya di dalam kerajaanya.
Adapun penafsiran yang memperjelas makna penafsiran dua kalimat syahadat ini adalah firman Alloh , " Dan ingatlah ketika ibrahim berkata kepada bapak - bapaknya dan kaumnya : sesungguhnys aku berlepas diri apa yang kamu sembah, tetapi aku menyembah Robb yang menjadikanku; karena sesungguhnya sia akan memberi hidayah kepadaku, dan ( Ibrahim ) menjadikan kalimat itu kalimat yang kekel pada keturunanya supaya mereka kembali pada kalimat tauhid itu. ( Qs.Aa Zukhruf : 26-28).

Dan firman Alloh : " Katakanlah hai ahli kitab marilah ( berpegang  ) kepada suatu kalimat ( ketetapan ) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu bahwa tidak kita sembah dia dan tidak kita persekutukan dia dengan sesuatupun dan tidak pula sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai Robb selain AllohJIka mereka berpaling maka katakanlah : saksikanlah bahwa kami orang orang yang berserah diri kepada Alloh ( Qs.Ali Imron : 64 ).
Sedangkan dalil dari syahadat anna muhammadan rosululloh adalah firman Alloh :
Sesungguhnya telah datang seorang rosul dari kaumu sendiri,berat terasa olehnya penderitaanmusangat menginginkan ( keimanan dan keselamatan ) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang orang mukmin " ( Qs. At Taubah : 128 )
Sedangkan dalil mengenai sholat , zakat, dan sekaligus tafsiran tauhid adalah firman Alloh :
" Padahal mereka tidak di suruh kecuali menyembah Alloh dengan memurnikan ketaatan kepadanya dalam menjalankan agama dengan lurus , dan supaya mereka mendirikan sholat menunaikan zakat, dan demikian itulah agama yang lurus (  Qs. Al bayyinah : 5 ).
Dan dalil puasa adalah firman Alloh : " Hai orang orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang orang sebelum kamu agar kamu bertakwa ( Qs.Al baqoroh : 183 ).
Dalil mengenai haji adalah firman Alloh : Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Alloh, yaitu bagi orang orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitulloh, barang siapa mengingkari ( kewajiban  haji ), maka sesungguhnya Alloh maha kaya ( tidak memerlukan sesuatu ) dari semesta alam ( Qs.Ali imron : 97 )

* Tingkatan kedua iman
   Iman terdiri dari tujuh puluh tiga cabang lebih, yang tertinggi adalah ucapan laa ilaaha illolloh, sedangkan yang terendah adalah menyingkirkan duri dari tengah jalan . dan rasa malu termasuk cabang dari iman.
Rukun rukun iman ada 6 : yaitu supaya engkau beriman kepada Alloh, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya,para rosulNya, hari akhir dan engkau beriman terhadap takdir yang baik maupun yang buruk.
Adapun dalil yang menyebutkan enam rukuniman ini adalah firman Alloh :" Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi kebajikan itu beriman kepada Alloh, malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi  ( Qs. Al baqoroh: 177 )  .
Sedangkan dalil tentang penetapan takdir adalah firman Alloh ; " Sesungguhnya kami menciptakan sesuatu menurut ukuran " ( Qs. Al qomar 49 )

* Tingkatan ketiga ikhsan
Iksan terdiri atas satu rukun yakni engkau beribadah kepada Alloh seakan akan engkau melihatNya, tetapi jika tidak melihatNya sesungguhnya Dia melihatmu. Dalilnya adalah firman Alloh : " Sesungguhnya Alloh beserta orang orang yang bertakwa dan orang orang yang berbuat kebaikan ( Qs. An nahl 128 )

" Dan bertawakalah kamu kepada Alloh yang maha perkasa l;agi maha penyayang,yang melihat kamu ketika kamu berdiri ( ketika sholat ), dan ( melihat pula ) perubahan grak badanmu diantara orang orang yang sujud. Sesungguhya Dia adalah yang maha mendengar lagi maha mengetahui. ( Qs. Asu syu"aro" : 217-220 )

Adapun dalil dari as sunnah adalah  hadist jibril yang masyur. Dari Umar ibnu khottob dia berkata : Ketika suatu hari kami duduk duduk bersama nabi, tiba tiba muncul seorang laki laki yang sangat putih pakaianya, sangat hitam rambutnya, tidak nampak padanya bekas bekas perjalanan, dan tidak ada seorangpun diantara kami mengenalnya. Lalu ia duduk mendekat kepada nabi dan menyandarkan kedua lututnya ke lutut nabi  dan meletakan kedua tanganya diatas pahanya sendiri, lalu ia :" Hai muhammad beritahukanlah kepadaku tentang islam ? maka nabi menjawab : isalam yaitu bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar selain Alloh, dan Muhammad adalah utusan Alloh, menegakkan sholat, membayar zakat,berpuasa ramadhan , dan menunaikan haji ke Baitulloh  jika engkau memiliki bekal kesana. Dia berkata engkau benar. " maka kami heran dengan orang itu, dia yang bertanya, dia pula yang membenarkanya. Dia bertanya beritahukanlah kepadaku tentang iman ? Nabi menjawab : Yaitu engkau beriman kepada Alloh , malaikat malaikatnya, kitab kitabnya, para Rosulnya dan, kepada hari akhirdan beriman kepada takdir baik dan buruk. Dia menjawab engkau benar. Dia bertanya beritahukanlah kepadaku tentang ikhsan? Nabi menjawab yaitu engkau beribadah kepada Alloh seakan akan engkau melihatnya, tetapi jika engkau tidak mampu melihatnya sesungguhya Dia melihatmu.. Dia bertanya lagi : Beritahukanlah kepadaku tentang hari akhir.Nabi menjawab : orang yang ditanya tiadak lebih mengetahui dari yang bertanya ( sama sama tidak tahu ) Dia bertanya lagi : beritahukanlah kepadaku tentang tanda tandanya? Nabi menjawab apabila budak wanita melahirkan tuanya, dan apabila engkau melihat orang yang tadinya tak beralas kaki , telanjang badan, miskin dan sebagai penggembala kambing, tiba tiba metreka saling berlomba lomba dalam mendirikan bangunan.. Berkata ( Umar ) " kemudian orang itu pergi lalu kami berdiam sampai beberapa waktu . Kemudian nabi bertanya ? Hai Umar tahukah kamu siapa laki laki yang brtanya tersebut ? kami menjawab : Alloh dan RosulNya yang lebih tahu . Beliau bersabda : Dia adalah jibril datang kepada kalian untuk mengajarkan perkara agama kalian..


sumber : disunting dari kitab karangan
               Muhammad bin Sulaiman  At Tamimi

No comments:

Post a Comment