content'/> SYARAT SAHNYA SHOLAT

Monday 16 March 2015

SYARAT SAHNYA SHOLAT

                              Syarat Sahnya Sholat 

sujud dan sholat
  Al Imam allamh Al Mujaddid Muhammad bin Sulaiman At  Tamimi berkata : Syarat sahnya sholat ada sembilan :
  1. Islam 
  2. Berakal
  3. Tamyiz
  4. Mengangkat hadast
  5. Menghilangkan najis
  6. Menutup aurat
  7. Masuk waktu 
  8. Menghadap kiblat
  9. Niat
Syarat pertama : Islam
Lawanya adalah kufur dan seorang kafir amalnya tertolak meskipun mengerjakan amal apa saja.Dalilnya adalah firman Alloh Ta"ala :
" Tiadaklah pantas orang orang musrikin itu maemakmurkan masjid Alloh, sedang mereka  mengakui bahwa mereka sendiri kafir.Itulah mereka yang sia sia pekerjaanya,dan mereka kekal didalam neraka .
( Qs.At taubah : 17 )

"Dan Kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalau kami jadikan amal itu ( bagaikan ) debu yang berterbangan ."  ( Qs. Al Furqon : 23 )

Syarat kedua  : Berakal
Lwanya adalah gila . Dan pena telah diangkat ( tidak dicatat seluruh amal perbuatan ) dari orang yang gila sehinnga dia sadar .Dalilnya adalah hadist :
" Pena telah diangkat darai tiga kelompok : orang yang tidur sehingga dia bangun, orang yang gila sehingga dia sadar, dan dari anak kecil sehinnga dia baligh.
 
Syarat ketiga : Tamyiz
Lawanya adalah usia kecil . Batasan tamyiz adalah tujuh tahun. Maka anak yang telah berusia tujuh tahun diperintahkan sholat berdasarkan sabda nabi :
Perintahkanlah anak anak kalian untuk sholat ketika usia tujuh tahun, dan pukulah mereka (jika tidak mau mengerjakan sholat ) ketika berusia sepuluh  tahun , dan pisahkanlah tempat tidur mereka "

Syarat keempat : Mengangkat Hadats
Yaitu berwudhlu sebagaimana yang telah kita kenal. Dan hal yang mewajibkan wudhlu adalah hadast.
Sedangkan syarat sahnya wudhlu ada sepuluh :
  1. Islam
  2. Berakal dan tamyiz
  3. Niat
  4. Senantiasa mengiringi niat yaitu tidak berniat memutusnya hingga sempurna wudhlunya
  5. Menghilangkan hal yang mewajibkan WudhluIstinja" atau Istijmar sebelumya
  6. Wudhlu dengan air yang suci
  7. Wudhlu dengan dengan air yang diperbolehkan untuk dugunakan
  8. Menghilangkan hal yang menghalangi air sampai dikulit
  9. Telah masuk waktu fardhu bagi orang yang berhadast terus menerus 
Adapun kewajiban wudhlu ada enam :
  1. Membasuh wajah termasuk didalamnya berkumur dan istinsyaq ( memasukan air ke hidung ). Batasan  wajah secara memanjang yaitu mulai dari tempat tumbuhnya rambut kepala hingga janggut.Dan batasan secara melintang yaitu hingga kedua ujung telinga.
  2. Membasuh kedua tangan hingga siku
  3. Mengusap seluruh kepala termasuk didalamnya mengusap telinga
  4. membasuh kedua kaki hingga mata kaki
  5. Tertib
  6. Muwalat ( berkesinambungan tidak terputus putus ) 
   Dalilnya adalah firman Alloh Ta"ala : " Hai orang orang yang beriman apabila kamu hendak sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu  dan basuh kakimu sampai dengan kedua mata kaki ". ( Qs. Al Maidah : 6 )
Dan dalil melakukanya dengan tertib adalah hadist : " Mulailah dengan apa yang dimulai dari Alloh "

  Dan dalil diperintahkanya muwalat adalah hadist shohibul lum"ah ( seorangsahabat yang kakikya belum tersiram air ketika berwudhlu ) Telah diriwayatkan dari nabi sesungguhya beliau melihat seseorang yang pada kakinya terdapat bagian sebesar uang logamyang belum terkena air, lalu  nabi memerintahkan untuk mengulangi wudhlunya. ( Hr. Daruqutni )
Dan hal yang wajib
didalam wudhlu membaca bismillah jika tidak lupa :Tidaklah sah sholat seseorang yang tidak berwudhlu dan tidak sah wudhlu seseorang yang tidak menyebut nama Alloh didalamnya ( Hr. ahmad )


 Syarat kelima menghilangkan najis :
Yaitu menghilangkan najis daritiga hal  : dari badan , pakaian , tempat sholat.
Dalilnya adalah firman Alloh :
"Dan pakaianmu bersihkanla " ( Al mudatstsir :4)

Syarat keenam menutup aurat :
Para ulama telah bersepakat bahwa sholat orang yang tidakberpakaian padahal dia mampu ( untuk berpakaian ) adalah tidak sah .Batasan aurat seorang lakai laki dalah dari pusar hingga lutut demikian aurat seorang budak wanita. Sedangkan aurat seorang wanita merdeka adalah seluruh tubuhnya. Kecuali wajahnya

Dalilnya adalah firman Alloh Ta"ala  : " Hai anak adam pakailah pakaianmu yang indah disetiap ( memasuki masjid )( Qs. Al A"raf : 31 )yakni setiap kali hendak mengerjakan sholat)
Syarat ke tujuh  telah masukwaktu sholat
Dalil tentang ini  dari as sunnah hadist jibril : sesungguhnya dia pernah mengimami nabi sholat pada awal dan akhir waktu sholat  : kemudian dia berkata : wahai muahmmad kerjakanlah di antara dua waktu itu.
Dalil firman Alloh Ta"ala adalah :" Sesungguhnya sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang orang beriman. ( Qs.An nisa : 103 )
Dalil tentang waktu waktu sholat adalah firman Alloh Ta"ala " Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan ( dirikanlah pula sholat ) shubuh.Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan  ( oleh malaikat ) ( Qs. Al Isro" : 78 )

Syarat kedelapan menghadap kiblat .
Dalilnya adalah firman Alloh Ta"ala : " Sungguh kami sering melihat mukamu menengadah ke langit, Maka Kami akan maemalingkan mukamu ke kiblat yang kamu sukai.Palingkanlah mukamu ke arah masjidil haram . Dan dimana saja kamu berada palingkanlah mukamu ke arahnya. ( Qs.Al. Baqoroh : 144 )

Syarat kesembilan niat
Tempatnya adalah di dalam hati sedangkan melafatkanya adalah bid"ah. Dalilnya adalah hadist :
" Sesunggunya setiap amal perbuatan tergantung niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan apa yang mereka niatkan.

Dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment