content'/>

Sunday 29 March 2015


                                                       SUJUD SYAHWI

Sebagia manusia sudah fitrohnya mempinyai sifat lupa, termasuk ketika kita sholat .Dan dalam fiqh ketika kita sholat dan kita lupa mengerjakan salah satu rukun sholat maka kita disunnakan melakukan sujud syhwi.
Apa saja yang disunnahkan kita untuk melakukan sujud syahwi ?
Meninggalkan tasyahud awal, lupa jumlah rokaat sholat, atau ragu sudah meninggalkan salah satu rukun sholat.
Sedangkan tata caranya berdasarkan hadist Nabi :
Diriwayatkan bahwa Abu Said Al Kudri ia berkata Rosululloh Saw. bersabda : Apabila salah seorang diantara kalian ragu didalam sholatnya sehingga ia tak tahu apakah sudah mengerjakan sholat tiga roka"at atau empat roka"at Hendaklah di buang keraguan itu dan ia yakini, kemudian hendaknya ia sujud dua kali sebelum melakukan salam. Sekiranya ia sholat lima rokaat berarti sholatanya telah digenapkan dengan sujud syahwinya itu. Dan sekiranya ia tepat empat rokaat dua sujud itu menghinakan bagi setan ( HR. Amad dan Muslim ).

Diriwayatkan pula dari Abu Hurairoh RA.,  Rosululloh Saw. bersabda : Sesungguhya setan itu masuk diantara anak adam dan nafsunya, sehinnga ia tidak tahu sudah berapa rokaat ia melakukan sholat, maka bila seorang diantara kalian mengalami demikian hendaklah ia, sujud dua kali sebelum melakukan salam ( HR. Ahmad dan Ibnu Majah ).

Lalu bagaiman kalau kita ingatnya setelah salam . Dikerjakan setelah tahiyat akhir sesudah salam ( apabila sudah lupa ) tentu saja yang lupa atau ragu jumlah rokaatnya menambah rokaat berdasarkan sesuai sholat yang terlupakan bagi yang lupa / berdasarkan yang paling sedikit kalau ragu sampai tahiyat tanpa salam, Kemudian melakukan sujud syahwi dua kali. Lalu lakukan duduk diantara ( diantara sujud ) setelah itu tahiyat lalu langsung salam . Amin semoga bermanfaat.

sholat sujud syahwi

No comments:

Post a Comment