content'/>

Tuesday 31 March 2015

 Mengenal Nabi Kita Muhammad

siroh nabi

 

       Beliau adalah Muhammad bin Abdulloh bin Abdul Mutholib bin Hasyim.Dan Hasyim berasal dari Quraisy dan Quraisy termasuk kabilah Arab dan orang orang Arab termasuk keturunan Ismail. bin Ibrohim al kholil ( kekasih Alloh ) .Sholawat dan salam semoga terlimpah kepada beliau dan nabi kita Muhammad saw. 
       Beliau memiliki umur enam puluh tiga tahun diantaranya emoat puluh tahun sebelum diangkat menjadi nabi dan dua puluh tiga tahun sebagai nabi dan rosul.
         Beliau diangkat menjadi nabi dengan surat  Iqro" ( Al Alaq )
, dan diangkat sebagai rosul dengan surat Al mudatstsir. Negeri beliau adalah Mekah lalu hijrah ke madinah. Alloh mengutus beliau untuk memperingatkan umatnya dari perbuatan syirik dan mengajak kepada tauhid.

Dalilnya adalah firman Alloh Swt : 
     " Hai orang yang berselimut , bangunlah lalu berilah peringatan ! dan Robbmu agungkanlah , dan 
        pakaianmu bersihkanlah , dan perbuatan dosa ( menyembah berhala ) tinggalkanlah, dan janganlah kamu memberi ( dengan maksud ) memperoleh ( balasan ) yang lebih banyak.Dan untuk memenuhi perintah Robbmu bersabarlah. ( Qs. Al. Mudatstsir :1-7 ) . Beliau melaksanakan tugas ini selama sepuluh tahun dengan mengajak kepada tauhid . Sesudah beliau dimi'rojkan ke langit dan menerima kewajiban sholat lima waktu.Beliau melaksanakan sholat di mekah selama tiga tahun . Setelah itu beliau diperintahkan untuk hijrah ke madinah. Hijrah merupakan ketetapan yang wajib bagi umat ini , yaitu berpindah dari negeri syirik menuju negeri muslim. Dan kewajiban hijrah ini akan tetap ada hingga hari kiamat .
Dalilnya adalah firman Alloh : " Sesungguhnya orang orang yang diwafatkan malaikat dalam menganiaya diri sendiri ,( kepada mereka ) malaikat bertanya : dalam keadaan keadaan bagaimana kamu ini ? mereka menjawab : adalah kami orang orang yang tertindas di negeri ( mekah ) .Para malaikat berkata  " bukankah bumi Alloh itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah di bumi itu? orang orang itu tempatnya neraka jahanam, dan jahanam itu sebaik baik  tempay kembali , kecuali  mereka yang tertindas baik laki laki atau wanita ataupun anak anak yang tidak berdaya upaya dan tidak mengetahui jalan ( untuk berhijrah ) mereka itu mudah mudahan Alloh memaafkanya . Dan Alloh maha pemaaf lagi maha pengampun ( Qs. An nisa 97-99 ).
Dan juga firman Alloh " Hai hamba hamba ku yang beriman sesungguhnya bumi ku luas maka sembahlah Aku saja  ( Qs. Al Ankabut : 56 ) .

Imam Baghawi berkata " sebab turunya ayat ini adalah pada kaum muslimin yang berada di mekah sedangkan mereka tidak berhijrah Alloh memanggil mereka dengan panggilan iman.
Dan dalil tentang hijrah dari as sunnah adalah sabda beliau : " Tidak akan terputus hijrah itu hingga terputus taubat , dan tidak akan terputus taubat hingga matahari terbit dari tempat terbenamnya. 

 Sesudah beliau tinggal di madinah, beliau diperintahkan dengan syariat berikutnya , seperti zakat, puasa, haji, adzan, jihad, amar ma"ruf, nahi munkar dan selainya dari syariat syariat islam . Beliau mengerjakan ini selama sepuluh tahun, setelah itu beliau wafat . Semoga sholawat dan salam untuk beliau sedangkan agama beliau ini akan tetap ada selamanya .
Inilah agama beliau tiada satu kebaikanpun melainkan telah beliau tunjukan kepada umatnya, dan tiada satu kuburukanpun melainkan telah beliau peringatkandarinya. Adapun kebaikan yang telah beliau tunjukan adalah tauhid serta semua yang dicintai dan diridhoi oleh Alloh Swt. Sedangkan kejelekan yang di peringatkan oleh beliau adalah syirik serta semua yang dibenci oleh Alloh Swt. Alloh mengutusnya kepada seluruh manusia.dan Alloh mewajibkan suluruh makhluk dari kalangan jin dan manusia untuk taat kepadanya .
Dalilnya adalah firman Alloh ta"ala : Katakanlah : hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Alloh kepada kalian semua. ( Qs. Al A' rof : 158 )
Melalui Nabi Muhammad Alloh menyemputnakan agama ini.
Dalilnya adalah firman Alloh ta"ala :Pada hari ini telah Aku sempurnakan untuk kamu agamamu , dan telah Ku cukupkan nikmatKu, dan telah ku ridhoi islam itu jadi agama bagimu.  ( Qs. Al Maidah : 3 )
Adapun dalil tentang wafatnya Nabi adalah firman Alloh :
Sesungguhnya kamu akan mati dan mereka akan mati ( pula ) .Sesungguhnya kamu pada hari kiamat akan saling berbantah bantahan di hadapan Robbmu . ( Qs.Az zumar : 30-31 ).
Dn manusia apabila telah mati mereka akan dibangkitkan.
Dalilnya adalah firman Alloh :
Dari bumi ( tanah ) Kami menjadikanmu dan kepadanya Kami akan mengembalikanmu dan dari padanya Kami akan mengeluarkanmu.pada kali yang lain. ( Qs. Thoha : 55 ) .
Dan firman Alloh Swt. Dan Alloh menumbuhkan kamu dari tanah dengan sebaik baiknya kemudian Dia memgembalikan kamu kedalam tanah dan mengeluarkan kamu dari tanah ( pada hari kiamat )  dengan sebenar benarnya . ( Qs. Nuh : 17-18 ) .

Dan sesudah dihisab mereka akan dihisab sesuai dengan amal perbuatanya.
Dalilnya adalah firman Alloh Swt.
Dan hanya kepunyaan Allohlah apa yang ada dilangit dan apa yang ada di bumi. Supaya dia memberi balasan kepada orang orang yang berbuat jahatterhadap apa yang telah mereka kerjakan dan memberi balasan kepada orang orang yang telah berbuat baik dengan pahala yang lebih baik ( surga ) ( Qs. An Najm : 
 

No comments:

Post a Comment