content'/>

Sunday 22 March 2015

                                       Menjawab Panggilan Adzan 




adzan dalam islam
Alhamdulillah i Robbil A"lamin, segala puji hanya milik Alloh Robb semesta alam , dan sholawat serta salam semuga selalu tercurah kepada junjungan kita nabi agung , Qudwah seluruh manusia Muhammad Saw.

Saudara saudaraku seiman Piji syukur kehadirat Alloh Swt.yang  telah memberikan kekuatan kepada kit auntuk bisa bangun pada waktu shubuh kemudian kita bergegas menuju masjid untuk menunaukan sholat shubuh berjamaah. Dan tak lupa juaga kita sebelum nya mendirikan sholat qobliyah shubuh yang oleh para ulama biasa disebut sholat fajar.Saudaraku sekalian ketika kita bangun shubuh tentunya kita mendengar suara adzan seperti ketika awal sholat telah tiba.
Tapi ada yang lain dari adzan sholat shubuh dan tentunya kita sudah sama tahu yaitu danya panggilan " Ash sholatu khoirum minan  naum "
sebagaimana sunnah nya kita menjawab pangilan sholat tentu bagaiman menjawab panggilan tersebut ?

Dari Abu Said Al Khudri ra. Rosululloh Saw. bersabda : " Apabila  kalian mendengar adazan maka ucapkanlah apa yang diucapkan muadzin " ( Muttafaq "Alaih )
Dan dari riwayat Muslim disebutkan Umar ra. berkata tentang mengucapkan kalimat perkalimat seperti ucapan muadzin kecuali Al- Hai"alatain  ( dua hai "alah ) hendaknya dia mengucapkan :
" Laa haula wa Laa Quwwata Illa Billaah " tidak ada daya ( untuk berbuat ) dan kekuatan ( untuk melakukan sesuatu ) kecuali dengan izin Alloh.
Berdasarkan keumuman hadist Abu Said Al Khudri ra. jika muadzin mengucapkan Asholatu Khoirum Minan Naum maka yang mendengarkan menjawab dengan Asholatu Koirum Minan NauM.
Yang dikecualikan hanya Hayya"Alas Sholah dan Hayya "Alal Falaah.Karena ada dalil khusus yang memerintahkanya. Wallohu Alam bi Showab .

No comments:

Post a Comment