content'/>

Saturday 4 April 2015

                                           YAMAN NEGERI  PARA PENCARI ILMU

Yaman adalah negeri terluas kedua di jazirah arab setelah arab saudi. Secar historis Yaman tidak bisa di pisahkan dari perkembangan islam . Ribuan sahabat tercatat dari negeri Yaman , Sebut saja Abu Hurairoh, Abu Musa Al Asy "Ari, Ammar bin Yasir, Uqbah bin Amir, Jarrir bin AbdillahAl Bajalin, Adi bin Hatim, Wail bin Hujr Al Hadrami dan masih banyak tokoh tokoh termuka dari Yaman. Mengenai kedatangan Abu Musya Al A"syaari beserta rombongan dari Yaman Nabi Muhammad bersabda dalam hadist Abu Hurairoh Ra.

siroh islam
" Penduduk Yaman telah datang kepada kalian .Perasaan mereka halus hati mereka lembutiman itu Yaman dan Hikmah pun Yaman.  "( HR. Bukhori dan Muslim ).

Hadist di atas merupakan pujian terhadap pendudduk Yaman.
Didalam peta rihlah tholabul ilmi ( perjalanan suci dalam rangka menuntut ilmu syar"i ) Yaman juga mengambil porsi yang cukup  besar .Ulama yang mucul di dalam sejarah Yaman tidak terhitung jumlahnya. Shana sibagai simbol Yaman adalah magnet yang menarik para pecinta ilmu untuk berdatangan. Sebab pada waktu itu Shana menjadi tempat berkumpulnya para ahli hadist.
Tiap tiap generasi selalu saja bermunculan para ulamabesar dari negeri Yaman. Para kaum muslimin tentu tak asing lagi dengan nama Harum Asyaukani,  Ash Shan Ani , Ibnul Wazir, dan Abdul rahman bin Yahya Al Muallimi dan beberapa ulama ulam dari Yaman juga dapat dengan mudah ditemukan di perpustakaan perpustakaan islam.
Dan Yaman saat ini telah menjadi tempat tujuan rihlah tholabul ilmi dan belajar agama. Dinegeri Yaman tidak dibatasi oleh usia .merka mempunyai kesempatan yang sama dalam rangka menuntut ilmu. Jumlah ( Markis ) pesantren yang mengajarkan akidah dan manhaj ahlus sunnah wal jamaah sangat banyak di negeri Yaman.
Beberapa markiz ( pesantren ) yang terkenal seperti :

  • Darul hadist ma"bar pimpinan Syaikh Muhammad Al Imam
  • Darul hadist fuyus pimpina Syaikh Abdurrohman Al Adeni 
  • Darul Hadist Dzamar pimpinan Syaikh Ustman As Salimi 
  • Darul hadist Syihr pimpinan Syaikh Abdulluh Al Mar"i.

Pelajar Indonesia di markis markis Yaman saat ini telah mencapai ratusan baik yang lajang maupun yang sudah menikah. Dan setelah pulang dari Yaman mereka mendakwahkan ilmu mereka di Inonesia .
Bila kaum muslimin ada yang berminat bisa menyusun rencana sedari sekarang. Wallohu A"lam bi Showab

No comments:

Post a Comment