content'/>

Saturday 18 April 2015

                                         Kholid bin Walid " Si pedang Alloh "




siroh

Ketika Kholid bin Walid masuk islam betapa senangnya hati Rosululloh Saw. karena Kholid mempunyai kemampuan berperang yang hebat yang dapat membela panji panji islam.
Adanya Kholid bin Walid di barisan kaum muslimin meninggikan kalimat Alloh dengan perjuanagan jihad. Dalam banyak kesempatan Kholid di angkat menjadi panglima perang dan menunjukan banyak keberhasilan dan kemenangan.
Pada masa pemerintahan khulafaur rhosyidin Abu Bakar as SyidiqKholid di tunjuk menjadi panglima yang memimpin 46.000 pasukan untuk menghadapi pasukan byzantium yang berjumlah lebih banyak sekitar 240.000 pasukan dan perang ini dikenal dengan perang yarmuk.Kholid bin Walid tak gentar menghadapi pasukan yang jauh lebih banyak tetapi malah khawatir tak bisa mengendalikan hatinya karena pengangkatanya sebagai panglima.
Dalam perang yarmuk tersebut Kholid tidak saja menghadapi pasukan yang jauh lebih besar tetapi juga tanpa persenjataan yang lengkap dan juga pasukan yang tidak terlatih.
Berbeda dengan pasukan Romawi yang bersenjata lengkap dan pasukan yang terlatih, tetapi bukan Kholid namanya kalau tidak mempunyai strategi yang perang jitu.
Kholid membagi pasukan 46.000 itu menjadi 10 kontingan, sehingga terkesan pasukan kaum muslimin lebih banyak jumlahnya.
Strategi Kholid ternyata sangat ampuh , saat itu strategi yang dugunakan pasukan Romawi di arab utara dan selatan ialah dengan membagi pasukan menjadi 5 bagian yaitu depan, tengah ,belakang ,kanan, dan kiri.
Heraklius raja Romawi mengikat tangan prajuritnya dengan besi antara satu sama lain dengan maksud prajuritnya tidak lari dari medan pertempuran.
Kepiawaian Kholid dalam memimpin perang membuat hampir semua orang tercengang,pasukan islam yang jumlahnya jauh lebih sedikit itu berhasil memukul mundur pasukan Romawi.
Perang yang dipimpin Kholid lainya adalah perang Riddah ( perang menaklukan orang orang murtad). Perang ini terjadi karena suku suku di arab membangkang tidak mau tunduk pada pemerintahan Abu Bakar di Madinah, mereka menganggap perjanjian telah telah batal karena Rosululloh Saw.telah wafat dan mereka pun menentang Abu Bakar.
Karena membahayakan agam dan pemerintahan Abu Bakar pun mengutus Kholid menjadi jenderal perang untuk menumpas golongan murtad dan Kholid bin Walid pun berhasil memberikan kemenangan.
Selain perang tersebut Kholid pun juga dikirim oleh Abu Bakar ke Irak dan dapat menguasai al Hirah pada tahun 634 Hijriyah. Itulah Kholid bin Walid sahabat nabi yang di juluki " Si pedang Alloh "
Wallohu A"lam bi Showab.


No comments:

Post a Comment