content'/>

Tuesday 31 March 2015

                                                            BAHAGIA ITU IKHLAS



ikhlas merupakan muamalah dalam islam

Betapa bahagianya orang yang ikhlas, meningkat keikhlasanya semakn bahagia pula hidupnya di dunia. Kebahagianya itu  karena hanya Alloh yang mengtahui amal ibadahnya, dan ibadahny ditujukan semata mata hanya karena Alloh Ta"ala.

Suatu saat Rosululloh  Saw pernah berkata kepada Ubay bin Ka"ab, wahai Ubay sesungguhnya Alloh Swt memerintahkan aku untuk membacakan Al quran kepadamu. maka Ubay berkata : Rosululloh apakah Alloh menyebutkan namaku kepadamu?
kata Rosululloh Saw. " ya Alloh Swt telah menyebutkan namamu di hadapanku. "

Maka Ubay bin Ka"ab pun menangis. Ubay menangis karena gembira Alloh Swt menyebut namanya dan mengenalnya.
Orang yang ikhlas itu tahu Alloh Swt melihat amalnya meskipun orang lain tidak melihatnya.Oleh karena itu Syeikh Abdurrohman bin Nashir As sa"di Rohimakumulloh dalam kitabnya Al Wasaail Al Mufidah Lil Hayati Sa"iidah ( kiat kiat untuk meraih kebahagiaan ) menyebutkan :
Diantara yang bisa mendatangkan kebahagiaan itu seseorang tatkala ia sedang berbuat baik kepada orang lain jangan menganggap ia sedang bermuamalah kepada orang tersebut tetapi sedang bermuamalah kepada Alloh ta"ala.
Tatkala ia sedang memberi bantuan kepada orang lain dan tatkala ia sedang memberi sumbangan kepada orang lain ia ingat bahwa ia sedang bermuamalah kepada Alloh ta"ala. Alloh melihat ia memberi sumbangan kepada orang lain, jika perkaranya demikian yang dia harapkan pujian Alloh Swt dan tahu siapa dirinya.
Semakin dia ikhlas semakin tidak ada orang yang tahu amalanya. Alloh akan semakin mengetahui dia, Alloh akan semakin mengenalnya dan Alloh akan semakin mencitainya.

Alloh berfirman :
" Kami memberi makan kepada kalian karena Alloh Swt.Muamalah kami dengan Alloh Swt bukan dengan kalian. Kami tidak butuh dari kalian terima kasih dan kami tidak butuh balasan." ( Qs. Al Insaan : 9 )
Inilah orang yang ikhlas orang yang paling bahagia.
Sedangkan orang yang tidak ikhlas dia selalu sibuk mendengar komentar orang lain tentang amalan dia.
Karenanya diantara 7 golongan yang akan Alloh naungi pada hari kiamat kelak,ada dua orang yang Rosululloh Saw.sebutkan tentang diri khusus mereka, yaiutu ikhlas  :

yang pertama , kata Nabi Saw :
 "Seseorang yang berinfaq kepada seseorang dengan tangan kananya lalu ia sembunyikan sampai sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang di infakan oleh tangan kananya ."

Yang kedua Nabi Saw. bersabda :
 "Seseorang yang tatkala ia mengingat Alloh dalam sendirian , maka kemudian matanya mengalirkan air mata "
Orang ini sendirian dan dia merasakan kelezatan tatkala ia mengingat Alloh Saw. dan tatkala sedang mengagungkan Alloh Swt.Dia seakan akan berbicara langsung dengan Alloh Swt. sehingga ia menangis meskipun tidak ada yang melihatnya.Dia mengeluarkan air mata kebahagiaan ,
 kenapa ? karena Alloh mengetahui tangisanya, Alloh tahu ia mengagungkan namanya.

Bahkan diantara tafsiran para ulama : Demikian seseorang yang berada diantara orang banyak, namun saking ikhlasnya dia bisa mengkondisikan dirinya seakan akan dia sedang sendirian.

Wallohu A"lam bi showab

No comments:

Post a Comment