content'/>

Thursday 7 May 2015

                                                                      HARI BESAR JUM"AT

ibadah umat islam


Alhamdulillahi Robbil "alamin segala puji hanya milik Alloh Sholawat serta salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita Nabi akhirul zaman , keluarga dan para sahabatnya.
Jumu"ah satu satunya nama hari yang di pakai menjadi nama surat dalam Al qur"an. ( Al Jumu"ah ), ini berarti menunjukan kemuliaan hari jumat. Hari tersebut mempunyai nilai diniyah yang tinggi dalam agama ini, kerena pada hari itu ditegakan sholat jum"at setelah diawali dengan khutbah.
Pada masa kekhalifahan hari jum"at menjadi hari libur. Begitu juga saat sekaranh ini negara arab menjadikan hari jum"at sebagai hari libur nasional., ini sangat baik karena kaum muslimin diberikan kesempatan yang lebih besar untuk menunaikan ibadah Jum"ah. setelah melakukan sholat Jum"ah mereka bisa berkumpul dengan keluarga nya. Maka tepatlah jika sebagian ulama menyebutnya dengan hari raya umat islam perpekan.
Sesungguhnya hari raya perpekan kaum muslimin adalah hari Jum"at, hari yang Alloh mulyakan kaum ini denganya, setelah membiarkan yahudi dan nasarani dalam menghargainya. 

Diriwayatkan dari Abu Hurairoh dan Hudzaifah. Rosululloh Saw. bersabda :
" Alloh telah menyesatkan orang orang sebelum kita perihal hari jum"at, lalu bagi orang orang yahudi hari sabtu dan orang orang nashroni hari ahad, kemudian Alloh mendatangkan kita dan memberi  hidayah kita tentang hari jum"at. Dan menjadikan secara beruntun hari jum"at , sabtu dan , ahad. Mereka mengikuti kita pada hari kiamat. kita adalah umat terakhir dari penduduk dunia, tetapi orang pertama yang diadili sebelum semua makhluk ( HR. Muslim ).


Rosululloh Saw. pernah menyampaikan, bahwa hari Jum"at adalah hari terbaik kaum muslimin, bahkan menjadi hari hari terbaik yang disinari matahari.
" Sesungguhnya diantara hari kalian yang paling afdhol adalah hari jum"at, pada hari itu Adam diciptakan dan di wafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sengkala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. ( HR.Abu Dawud, Nasa"i, Ibnu Majjah, Ahmad dan Al Hakim dengan sanad yang shohih ).


Dari Abu Hurairoh Rosululloh Saw. bersabda : "Hari terbaik yang disinari matahari adalah hari Jumat, padi hari itu nabi Adam diciptakan, dimasukan surga , dan pada hari itu pula ia dikeluatkan darinya ( HR. Muslim ).


Karenanya wajib bagi kaum muslimin memahami kedudukan hari ini dan  keistimewaanya tujuanya supaya bisa memanfaatkan hari ituuntuk memperbanyak ibadah.
Ibnu Qoyyim Rohimakumulloh berkata dalam kitab Zaad al Ma"ad " dan termasuk dari petunjuknya nabi Saw adalah mengagungkan hari jum"at memuliakanya dan mengistimewakanya dengan ibadah ibadah khusus padanya yang tak ada pada selainya. 
Para ulama berbeda pendapat apakah hari jumat yang paling utama ataukah hari arofah.
Namun sayang di negeri kita ini kaum muslimin tidak bsa memuliakan hari jumat dengan maksimal karena disibukan dengan rutinitas formal. Wallohu a"lam bishowab


No comments:

Post a Comment