content'/>

Wednesday 9 October 2013

Hadits Dhaif: Puasa ‘Arafah Seperti Puasa 1000 Hari

عن الوليد بن مسلم قال: حدثنا أبو داود سليمان بن موسى الكوفي: حدثنا دلهم بن صالح عن أبي إسحاق عن مسروق أنه دخل على عائشة يوم عرفة، فقال: اسقوني. فقالت عائشة: يا غلام! اسقه عسلاً. ثم قالت: وما أنت يا مسروق! بصائم؟! قال: لا؛ إني أخاف أن يكون يوم الأضحى. فقالت عائشة: ليس ذاك، إنما يوم عرفة يوم يعرف الإمام، ويوم النحر يوم ينحر الإمام، أو ما سمعت يا مسروق! أن رسول الله – صلى الله عليه وسلم - كان يعدل صومه بصوم ألف يوم، يعني: يوم عرفة
Dari Walid bin Muslim, ia berkata: Abu Daud Sulaiman bin Musa Al Kufi menuturkan kepadaku: Dalham bin Shalih menuturkan kepadaku: dari Abu Ishaq: dari Masruq, ia pernah datang kepada ‘Aisyah di hari Arafah lalu berkata: ‘berilah aku minum’. Aisyah lalu berkata kepada seseorang: ‘wahai pemuda, beri dia madu’. Lalu Aisyah berkata: ‘Ada apa wahai Masruq? Apa kamu sedang puasa?’. Masruq menjawab: ‘tidak, aku khawatir ini adalah hari Idul Adha’. Aisyah lalu berkata: ‘Bukan demikian, hari Arafah adalah hari ketika imam menetapkan itu hari Arafah. Dan hari Idul Adha adalah hari ketika imam menetapkan itu Idul Adha. Atau mungkin kamu belum dengan wahai Masruq, bahwa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam menyamakan puasa hari ini dengan puasa seribu hari (yaitu puasa Arafah)‘”
Hadits ini dikeluarkan oleh Al ‘Uqaili dalam Adh Dhu’afa (164), Ath Thabrani dalam Mu’jam Al Ausath (6802).
Penyebab dhaif-nya hadits ini adalah:
  1. ‘An’anah Abu Ishaq, yaitu ‘Amr bin Abdillah As Sabi’i. Ia seorang mudallis, dan juga mukhtalith.
  2. Dalham bin Shalih, statusnya dhaif.
  3. Sulaiman bin Musa Al Kufi. Al ‘Uqaili berkata: “Haditsnya tidak bisa dijadikan mutaba’ah, dan tidak diketahui jalan lain selain darinya”. Al Hafidz Ibnu Hajar berkata: “fihi layyin (terdapat kelemahan)”.
  4. ‘An’anah Al Walid bin Muslim, ia seorang mudallis walaupun memang terkadang tadlis yang dilakukan adalah tadlis taswiyah.
Maka, sanad hadits ini dhaif (lemah). Selain itu, matan hadits ini menyelisihi hadits-hadits lain yang sanadnya maqbul yang menyatakan bahwa pahala puasa Arafah adalah seperti puasa dua tahun. Sehingga hadits ini menjadi hadits yang munkar.

No comments:

Post a Comment