content'/>

Saturday 28 March 2015

                                DO"A MUSTAJAB ANTARA ADZAN & IQOMAH


sholat dan adzan
Asalamu"alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
Segala puji bagi Alloh yang telah memberi kita beribu ribu kenikmatan kepada kita dan semoga kita termasuk hamba yang bersukur,dan tak lupa  Sholawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi muhammad Saw.

Saudaraku kaum muslimin dan muslimat sebagai seorang mukmin sering sekali kita memanjatkan do"a kepada Alloh dan Nabi kita Muhammad telah banyak sekali memberi contoh do"a kepada kita umatnya.
Dan banyak waktu yang mustajab untuk memanjatkan do"a,. Contohnya do"a antara adzan dan iqomah.
Anas bin Malik Ra. berkata Rosulullh Saw. Bersabda :
 " Do"a diantara adzan dan iqomah tidak akan ditolak "  ( HR. Abu Dawud  dan At Tirmidzi  ) Dishohihkan oleh Al albani.
Terdapat tambahan lafadz yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad :
" Doa diantara adzan dan iqomah tidak akan ditolak, maka berdoalah kalian ".
Imam Al Shanani berkata dalam kitab Subulusalam berkata : Dan hadist ini menunjukan dikabulkanya do"a di tempat tempat ini. Karena tidak di tolak nya do"a  berarti di kabulkan.Kemudian ini tidak berlaku untuk  semua do"a. Dan harus diikat dengan hadist lainya bahwa dia tidak berdoa dengan suatu do"a dan tidak memutus tali silaturohmi. Imam Al Syaukani dalam kitab Nailul Author berkata : Hadist itu menumjukan dikabulkanya do"a diantara adzan dan iqomah secara mutlak.

Lalu apakah do"a ini berrlaku hanya untuk di dalam masjid saja atau dengan kita
 yang berada di luar masjid ?
Pada dasarnya hadist itu tidak mengkhususkan untuk orang yang di dalam masjid saja tetapi hadist itu mengabarkan terkabulnya doa antara adzan dan iqomah ( mustajab ) Jadi selama kita berdo"a antara waktu tersebut sangat mustajab sekali meskipun kita berada diluar masjid.
Ini berlaku juga bagi kaum hawa yang berada di rumah Apabila ia berdo"a diantar wktu tersebut.
Hadist dari Abu Umamah  Ra. menguatkan pendapat di atas bahwa Nabi Saw bersabda : "Apabila pemanggil memanggil ( Muadzin mengumandangkan adzan ) maka di bukalah pintu pintu langit dan dikabulkanya do"a ( HR. Abu Awaanah dalam musnadnya , Imam Al Hakim dalam mustadraknya, dan dishohihkan oleh Al  albani.
Al Munawi berkata apabila pemanggil memanggil maksudnya muadzin mengumandangkan adzan untuk sholat, Alloh mengabulkan orang yang berdoa saat itu karena itu termasuk waktu yang mustajab.

Karena itu mari manfaatkan waktu itu untuk berdo"a karena waktu itu adalah waktu yang mustajab meskipun banyak waktu lain yang juga mustajab Amin.
Apabila pemanggil memanggil (muadzin mengumandangkan adzan) maka dibukalah pintu-pintu langit dan dikabulkan doa.” (HR. Abu Awaanah dalam musnadnya, Imam Al-Hakim dalam Mustadraknya, dan dishahihkan Al-Albani dalam Shahih al-Jaami’ al-Shaghiir, no. 803) - See more at: http://www.voa-islam.com/read/doa/2014/03/12/29479/doa-mustajab-antara-adzan-iqamah/#sthash.6Alv0w5K.dpuf

No comments:

Post a Comment